partnership with agoda

Thursday, December 22, 2016

Rawa Pening Dikembangkan sebagai Destinasi Wisata Unggulan

PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul Tbk ‎merintis pengembangan Danau Rawa Pening sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah (Jateng).

"Saat ini, hampir seluruh danau tertutup tanaman eceng gondok, padahal Rawa Pening memiliki panorama yang indah karena letaknya berada di kaki Gunung Merbabu‎, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran," ujar Direktur Marketing Sidomuncul, Irwan Hidayat, di Semarang, Senin (19/12).

Hadir pada kesempatan itu, mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) AM Hendropriyono, anggota DPR RI Tantowi Yahya, Fadholi dari Partai Nasdem dan sejumlah anggota X DPR RI, beberapa staf khusus dan staf ahli menteri, Forum Pemred Bambang Harimurti, Don Bosco Salamun serta Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Irwan menjelaskan, permasalahan eceng gondok ada solusinya antara lain penelitian pemanfaatan tumbuhan eceng gondok menjadi sumber energi baru. Semua bagian dari tumbuhan eceng gondok dapat dijadikan produk bahan padatan (briket/biomas) yang berbentuk pellet untuk digunakan sebagai energi baru pengganti minyak dan gas.

Upaya ini diharapkan dapat mengurangi dan membersihkan tumbuhan eceng gondok sesuai target yang diinginkan sampai kondisi Rawa Pening nantinya akan bersih dan memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi sektor pertanian, perikanan, pariwisata, serta dampak positif lainnya, seperti ketersediaan air, lapangan kerja, dan lingkungan yang baik.

"Setelah dibersihkan dari eceng gondok, diharapkan pemerintah daerah bisa mengembangkan Rawa Pening menjadi obyek wisata dengan membangun infrastruktur pendukung dan menyiapkan atraksinya," kata Irwan.

Bupati Semarang Mundjirin menjelaskan Danau Rawa Pening dulu kedalamannya bisa mencapai 15 meter, namun sekarang ini pendangkalannya sudah mencapai 10 meter yang diperparah dengan keberadaan eceng gondok.

"Dulu, eceng gondok pernah jadi pupuk jamu di kawasan Dieng. Namun, sudah tidak lagi. Setidaknya ada empat kecamatan yang melingkupi kawasan Danau Rawa Pening," ujarnya.

Pakar Lingkungan Hidup Prof.Sudarto mengatakan, persoalan enceng gondok di Rawa Pening sebenarnya sudah lama. Banyak proyek penelitian terkait hal tersebut, baik untuk kepentingan tesis, disertasi, dan lain-lain, tapi masih saja jadi 'pening'.

"Atas ide Sido Muncul memprakarsai pemanfaatan enceng gondok ini perlu diapresiasi. Apalagi, bisa mengatasi masalah, antara kepentingan lingkungan dan ekonomi," kata Prof. Sudharto.

Menurutnya, manfaat dari dibersihkannya enceng gondok di Rawa Pening ini terhadap lingkungan sangat memberikan efek positif. Terlebih, Rawa Pening menjadi salah satu dari 11 danau di Indonesia yang menjadi prioritas untuk diselamatkan di indonesia.

"Ekosistem yang unik di Rawa Pening memiliki bermacam fungsi yang bermanfaat bagi lingkungan, seperti mata pencaharian masyarakat sekitar, sumber pembangkit tenaga listrik, dan irigasi. Belum lagi dari sektor pariwisata," jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, dari sumbernya memang harus dikelola. Rawa Pening merupakan muara dari belasan anak sungai. Namun, perlu diperhatikan juga sumber airnya dari hulu yang mengalirkan berbagai macam limbah, yang membuat tumbuhnya enceng gondok tak terkendali.

"Jadi mengatasi permasalahan enceng gondok itu jangan dari muaranya saja. Enceng gondok dibersihkan. Tapi di hulu dan di tengah sebagai sumber juga harus diperhatikan," ujarnya.

Ditegaskan, jadi harus komperehensif. Dan pemerintah harus menjadi simpul, karena disini yang menangani enceng gondok dari swasta memang belum banyak.

"Ini di Rawa Pening persoalan bukan hanya di Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga saja, tapi Jateng, karena Rawa Pening juga salah satu ikon Jateng," tegasnya.*beritasatu

About Us: 
tiketserbamurah.com adalah online travel agent terkemuka di Indonesia dengan berbagai kemudahan dalam pemesanan maupun pembayaran. Kami menyediakan ribuan pilihan hotel lokal maupun internasional, tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan serta tiket kereta dengan harga termurah di Indonesia. Bersama tiketserbamurah.com, perjalanan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Find Us on Facebook

Blog Archives

Visitors