partnership with agoda

Thursday, December 22, 2016

Kampung Bajo, Andalan Baru Wisata Wakatobi

Menyebut Suku Bajo pastilah langsung teringat suku yang tinggal di kawasan pulau Wangi-wangi, Wakatobi. Sebagian kalangan mengenal suku Bajo sebagai orang laut yang tinggal diatas laut. Bahkan, keseharian mereka juga menggantungkan hidup dan menjalani kehidupan bersandar dari laut Sulawesi.

Wisata Kampung Bajo disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi sebagai salah satu destinasi wisata baru untuk wisatawan yang berkunjung ke Wakatobi.

"Masyarakat sini memang sudah ada dan datang kesini sejak tahun 1600-an. Mereka memang menggantungkan diri dari hasil laut," ungkap Daeng Rusdi yang menemani rombongan Kementerian Pariwisata (Kempar) yang berkunjung ke Kampung Bajo di Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi.
Pemukiman suku Bajo yang dibangun di atas air laut dengan menggunakan timbunan karang dan menggunakan jembatan yang terbuat dari kayu sebagai penghubung mereka ke daratan membuat mereka seakan terasing dari masyarakat yang berada didaratan. Namun begitu, kehidupan yang mereka jalani seakan harmonis dan bersih ketimbang masyarakat di daratan.

"Suku Bajo itu unik, mereka dibilang primitif oleh orang luar, tapi navigasi laut mereka justru lebih maju dibandingkan orang darat. Uniknya, mereka tidak suka kotor. Makanya, rumah-rumah mereka yang berada diatas laut bersih meskipun tinggal mereka diatas laut," tambahnya.

Wisatawan yang datang ke tempat ini, dapat melihat dengan mudah keindahan saat matahari tenggelam (sunset) tanpa terhalang daratan. "Tempat ini merupakan salah satu spot yang bagus untuk melihat sunset," kata Daeng Rusdi.
Pengunjung dan wisatawan, lanjut dia, dapat dengan mudah menikmati makanan laut mulai dari ikan, udang sampai lobster segar. Rata-rata, kata Daeng Rusdi, di bagian bawah rumah suku Bajo terdapat penangkaran ikan.

"Masyarakat disini punya lumbung ikan yang mereka tanam dibawah rumah. Jadi kalau mereka mau makan ya tinggal ambil. Terserah mau dibakar atau mau di goreng, sesuai keinginan mereka," tambahnya.*beritasatu

About Us: 
tiketserbamurah.com adalah online travel agent terkemuka di Indonesia dengan berbagai kemudahan dalam pemesanan maupun pembayaran. Kami menyediakan ribuan pilihan hotel lokal maupun internasional, tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan serta tiket kereta dengan harga termurah di Indonesia. Bersama tiketserbamurah.com, perjalanan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Find Us on Facebook

Blog Archives

Visitors