partnership with agoda

Thursday, January 5, 2017

Libur Akhir Tahun 2016, Jumlah Penumpang Kereta Api Daops 9 Jember Tembus 96 Ribu

Jumlah penumpang yang menggunakan transportasi kereta api pada masa liburan 23 Desember 2016 hingga 3 Januari 2017 di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur mencapai 96.832 orang.

"Puluhan ribu penumpang kereta api tersebut merupakan penumpang kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang menggunakan transportasi kereta selama liburan panjang akhir tahun," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Lukman Arif di Kabupaten Jember, Kamis (5/1/2017).

Rincian 96.832 orang penumpang tersebut terdiri dari 6.151 penumpang kelas eksekutif, 7.721 penumpang kelas bisnis, 41.693 penumpang kelas ekonomi dan sebanyak 41.267 penumpang kereta lokal. 

"Jumlah penumpang selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2017 mengalami kenaikan sekitar 15,2 persen dibandingkan periode yg sama tahun lalu yang tercatat sebanyak 84.032 penumpang," tuturnya.

IKLAN 
tiketserbamurah.com adalah online travel agent terkemuka di Indonesia dengan berbagai kemudahan dalam pemesanan maupun pembayaran. Kami menyediakan ribuan pilihan hotel lokal maupun internasional, tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan serta tiket kereta dengan harga termurah di Indonesia. Bersama tiketserbamurah.comperjalanan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Berdasarkan data, selama 23 Desember 2016 hingga 3 Januari 2017, tercatat jumlah penumpang terbanyak pada tanggal 1 Januari 2017 dengan volume penumpang sebanyak 8.979 orang.

Sedangkan total tempat duduk untuk kereta api jarak jauh sebanyak 3.750 kursi dan kereta lokal yakni KA Pandan Wangi sebanyak 2.824 tempat duduk, sehingga totalnya sebanyak 6.574 tempat duduk. 

"Untuk kereta api jarak jauh, tiket dijual berdasarkan jumlah tempat duduk atau tidak melayani tiket tanpa tempat duduk, sedangkan untuk kereta api lokal petugas masih melayani tiket untuk penumpang yang berdiri dengan tiket yang dijual sebanyak 150 persen sesuai kapasitas kereta tersebut," katanya. 

Salah seorang penumpang Isnaini Rofiah mengaku senang menggunakan moda transportasi kereta api selama liburan Natal dan Tahun Baru karena bebas dari macet di jalan raya dan lebih nyaman membawa anak dalam perjalanan.

"Kebetulan saya membawa bayi untuk berlibur ke rumah saudara di Kabupaten Jember, sehingga sangat nyaman naik kereta karena bebas asap rokok dan tidak berdesak-desakan seperti beberapa tahun lalu," tuturnya.

Sejumlah kereta yang beroperasi di wilayah Daop Jember yakni KA Mutiara Timur Siang dan Malam jurusan Banyuwangi-Surabaya, KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta.

Kemudian KA Ranggajati jurusan Jember-Cirebon, KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang, KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya, serta kereta lokal KA Pandanwangi jurusan Banyuwangi-Jember.*tribunnews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Find Us on Facebook

Blog Archives

Visitors