partnership with agoda

Friday, December 23, 2016

Banyuwangi Tambah Fasilitas Hotel Berbintang di 2017

Menyambut musim liburan akhir tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi telah melakukan sejumlah persiapan. Kalangan pelaku usaha pariwisata telah diajak berkoordinasi untuk memberi pelayanan terbaik kepada wisatawan.

"Kami persiapan sejak Oktober 2016 untuk menyambut peak season pada akhir tahun 2016 berkaitan dengan libur Natal dan Tahun Baru. Para pelaku usaha wisata juga sudah dikumpulkan untuk diajak berkoordinasi oleh dinas terkait pada tanggal 17 November lalu. Jadi ini benar-benar disiapkan," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, di Banyuwangi, Jumat (23/12).
Menurut Anas, pihaknya memohon maaf jika Banyuwangi masih memiliki banyak kekurangan untuk menjamu wisatawan, terutama bila banyak yang tidak mendapatkan kamar hotel. Total saat ini, kata Anas, jumlah kamar hotel di Banyuwangi mencapai 3.200 unit, belum termasuk rumah-rumah warga yang disulap menjadi homestay.

"Sekarang sedang dalam pembangunan tiga hotel berbintang baru di Banyuwangi, yaitu dari Grup Aston, Singgasana, dan Alila. Tahun depan selesai dan bisa menambah jumlah kamar. Kami mohon maaf bila ada wisatawan yang belum bisa mendapatkan kamar hotel sesuai yang diharapkan," ujar Anas.

Okupansi 100 Persen

Anas menambahkan, pihaknya memang tidak mengobral izin hotel meski banyak yang berminat. Selain batasan tidak boleh membangun hotel melati, Banyuwangi juga mempertimbangkan keseimbangan penawaran dan permintaan pasar.

"Sekarang Banyuwangi kan sedang membentuk pasar. Sudah tumbuh bagus, tapi masih dalam kerangka membentuk pasar. Jadi kami tidak obral izin hotel agar kompetisi antar-hotel menjadi sehat," papar Anas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda, menambahkan, berdasarkan monitoring saat ini, sejumlah hotel sudah mengalami lonjakan okupansi.

"Hampir semua hotel berbintang membukukan okupansi 100 persen alias semua kamar penuh atau telah dipesan hingga awal Januari 2017," kata Bramuda.

"Beberapa hotel menengah, okupansinya sudah di kisaran 90 persen. Satu-dua hari ini pasti penuh karena banyak wisatawan yang biasanya go show," tambahnya.*beritasatu

About Us: 
tiketserbamurah.com adalah online travel agent terkemuka di Indonesia dengan berbagai kemudahan dalam pemesanan maupun pembayaran. Kami menyediakan ribuan pilihan hotel lokal maupun internasional, tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan serta tiket kereta dengan harga termurah di Indonesia. Bersama tiketserbamurah.com, perjalanan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Find Us on Facebook

Blog Archives

Visitors