partnership with agoda

Saturday, November 5, 2016

Bosan di Jakarta? Jelajah Cirebon Saja!

Liburan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi siapa pun. Pastinya begitu juga buat kalian nih. Apalagi kalau ternyata liburan kalian pas banget sama long weekend. Wah lebih seru lagi tuh.

Tapi enaknya ke mana ya? Di Jakarta saja, bosan. Ke Bandung, ah pasti macet. Nah daripada bingung-bingung, coba deh kalian menyambangi Cirebon. Yup, kota satu ini enggak kalah asyik lho dibandingkan dengan Bandung dan Bogor yang biasa menjadi “jajahan” saat long weekend.

Berkelana ke kota ini pun sangat mudah sekali. Kalian bisa naik bis atau kereta dari stasiun Senen dan Gambir. Enaknya nih, naik kereta sekarang gampang. Kalian bisa mengambil kereta jurusan Cirebon Exspress, harganya pun terbilang masih terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 85 ribu hingga Rp 160 ribu (tergantung kelas). Apalagi kalau naik bis, lebih seru lagi. Tapi disarankan, lebih enak naik kereta. Selain mudah, juga dekat ke pusat kota.

Tapi kenapa Cirebon ya? Memang ada yang asyik di kota Udang itu? Eits, jangan salah. Kota para wali ini sangat seru banget lho buat dijelajahi. Mulai dari tempat wisatanya, kulinernya yang murah meriah, sampai berburu sesuatu yang unik dan lucu buat menjadi buah tangan buat kalian.

Wisata Sejarah

Di Cirebon ada tiga keraton yang bisa kalian sambangi: Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kanoman. Ketiga keraton ini letaknya cukup berjauhan satu sama lain. Kalian bisa nambah ilmu dari mengunjungi tempat-tempat bersejarah ini. Masing-masing keraton ini mempunyai ceritanya sendiri, tinggal pilih saja kalian mau menyambangi yang mana dulu.
Namanya juga mengunjungi keraton, sebaiknya kalian berpakaian yang pantas dan nyaman dipakai. Di sini banyak sekali spot asyik buat berselfie ria atau berfoto bersama teman-teman. Museum di dalamnya pun cukup asyik buat kalian sekadar tahu sejarah zaman dahulu kala.

Wisata Kuliner

Nah, yang satu ini enggak boleh dilewatkan. Banyak makanan enak dan murah meriah yang bisa kalian cicipi. Mulai dari nasi lengko yang ditemani sate sapi, nasi jamblang, pedesan entog, sampai es campur durian. Yummy…
Jika ke Cirebon, kalian akan banyak menemukan makanan-makanan tersebut. Kalau ingin mencoba nasi jamblang paling yahud, coba deh sambangi Nasi Jamblang Bu Nur di Jalan Cangkring, wuih kalian harus rela antre sekira 5-10 menit demi menikmati makanan ini.
Puas mencari makanan-makanan oke, nongkrong saja di alun-alun Jalan Siliwangi, semuanya ada di sana, mulai dari makanan berat sampai camilan. Dijamin puas deh. Sekalian, bisa cuci mata melihat pemandangan segar.

Wisata Belanja
Menyambangi kota orang, enggak afdol rasanya kalau belum beli sesuatu yang khas dari sana. Yap, batik Cirebon dan sirup Tjampolay. Dua oleh-oleh ini terkenal banget. Kalian bisa cuci mata di pusat batik yang berada di wilayah Trusmi. Batik yang mempunyai beragam warna dan cukup murah bisa kalian pilih dan bawa pulang. Paling asyik nih kalau kalian membeli batik yang tokonya berupa rumah. Menjamur sekali dan sangat murah meriah. Recommended!

Selain itu, jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh khas Cirebon di sepanjang Jalan Siliwangi. Kalian bisa membeli sirup Tjampolay, terasi udang, kerupuk, petis, wah pokoknya banyak deh. Tapi kamu juga harus pintar memilihnya, banyaknya toko yang menjual oleh-oleh ini cukup memperlihatkan harga yang bersaing. Kualitas menentukan segalanya.

Mau menginap tapi bingung di mana? Enggak usah takut. Banyak hotel yang murah meriah nih buat kalian, mulai dari kisaran harga Rp75 ribu sampai Rp300 ribuan. Hotel ini banyak terdapat di Jalan Siliwangi, dan sekitaran stasiun. So, berminat dong. Mau tahu penginapan di Cirebon yang murmer alias murah meriah? Cek saja yuk di pegipegi.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Find Us on Facebook

Blog Archives

Visitors