Korsel Targetkan 1,2 Juta Wisatawan Muslim

"Korea tengah fokus pada 1,7 miliar pasar muslim dengan menjalankan kampanye Muslim Friendly Korea untuk menarik wisatawan Muslim, yang merupakan target utama diversifikasi pasar," ujar Direktur KTO Jakarta, Harry Oh Hyonjae, di Jakarta, Selasa (4/4).
Restoran muslim-friendly telah diperbanyak dari 135 restoran menjadi 170 restoran untuk penyebaran makanan halal, yang dianggap hal paling penting oleh wisatawan Muslim.
Restoran muslim-friendly adalah restoran yang menyajikan makanan yang terbuat dari bahan-bahan seperti seafood, makanan vegetarian dan lainnya yang dapat dimakan oleh muslim.
"Terdapat 4 jenis restoran, yaitu Halal Certified yang disertifikasi oleh Korea Muslim Federation (Federasi Muslim Korea) sesuai dengan standar sertifikasi halal dan bebas penggunaan daging babi," kata dia.
Kemudian Self Certified yang disertifikasi sendiri oleh restoran setelah evaluasi, Muslim Friendly yang menjual beberapa menu halal, dan Pork Free yang menggunakan daging selain daging babi.
KTO juga menerbitkan buku panduan bagi wisatawan muslim, meliputi informasi terkait karakteristik pasar wisatawan muslim, informasi makanan halal, juga informasi tentang tempat beribadah di Korea.
Ia mengatakan, pada bulan September nanti, akan digelar Halal Restaurant Week untuk menawarkan makanan Korea yang halal dengan harga diskon kepada wisatawan muslim yang berkunjung ke Korea.
Jumlah wisatawan muslim yang berkunjung ke Korea tahun lalu adalah 980.000 wisatawan, hanya 5,7 persen dari total 17,2 juta wisatawan asing yang berwisata ke Korea.
Namun, jumlah wisatawan muslim tersebut telah meningkat lima kali selama lima tahun terakhir. Bersama dengan pasar wisatawan Tiongkok, wisatawan muslim telah menjadi salah satu pasar wisatawan yang sangat populer di Korea.beritasatu