partnership with agoda

Monday, December 19, 2016

Wisata Naik Kereta Api ke Jogja

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu kota budaya sekaligus kota pelajar di Indonesia. Beberapa atraksi wisata populer di Yogyakarta antara lain Keraton Ngayogyakarta, Taman Sari, Pantai Parangtritis, Gua Pindul dan Kebun Buah Mangunan. Kereta api ke Yogyakarta tidak pernah sepi penumpang. Stasiun kereta api terbesar di Yogyakarta adalah Stasiun Tugu Ngayogyakarta, atau Stasiun Tugu yang melayani kereta api eksekutif, bisnis dan ekonomi (kecuali ekonomi subsidi) dengan tujuan Solo, Jakarta, Bandung, Surabaya dan Malang. Stasiun besar lainnya di Yogyakarta adalah Stasiun Lempuyangan yang melayani perjalanan kereta api ekonomi, lokal dan komuter dari dan/atau menuju Jakarta, Solo, Purwokerto, Kediri dan Banyuwangi.

Stasiun Kereta Antar Kota di Jogja
Stasiun Yogyakarta
Stasiun Yogyakarta merupakan stasiun kereta api terbesar di Yogyakarta dan melayani pemberangkatan maupun kedatangan hampir semua kelas kereta dari berbagai kota. Memiliki nama resmi Stasiun Tugu Ngayogyakarta, stasiun ini dibangun pada 1887 dan memiliki dua akses masuk maupun keluar. Stasiun Yogyakarta melayani kereta api eksekutif, campuran, bisnis, ekonomi AC plus serta komuter. Adapun kota-kota tujuan yang dilayani stasiun ini antara lain adalah Jakarta, Surabaya, Bandung, Solo dan Malang. Terdapat perlintasan unik di arah timur Stasiun Yogyakarta, karena perlintasan tersebut berbentuk gerbang geser khusus untuk sepeda, becak, andong maupun pejalan kaki yang melewati kawasan Jalan Malioboro.

Lokasi Stasiun Yogyakarta
Jalan Margo Utomo No. 1, Yogyakarta

Stasiun Lempuyangan
Stasiun Lempuyangan merupakan stasiun kereta api besar di Yogyakarta yang termasuk dalam Daerah Operasi VI Yogyakarta. Didirikan pada 1872, Stasiun Lempuyangan hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari stasiun besar lainnya, Stasiun Yogyakarta. Selain melayani kereta api lokalan dan komuter, Stasiun Lempuyangan juga melayani kereta api ekonomi AC plus dan ekonomi dengan tujuan Surabaya, Jakarta, Bandung, Solo dan Kediri. Stasiun Lempuyangan memiliki 11 jalur di mana dua jalur diantaranya sebagai sepur lurus.

Lokasi Stasiun Lempuyangan
Jl. Lempuyangan, Bausasran, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tempat-tempat Wisata Populer di Jogja
Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang menjadi kebanggaan pariwisata Indonesia. Meskipun terletak di Magelang, namun Candi Borobudur juga identik dengan Yogyakarta yang berjarak sekitar 1,5 jam. Selain dipenuhi stupa yang megah, dinding Candi Borobudur juga menampilkan pahatan 2.672 panel relief yang menceritakan kisah perjalanan hidup Sang Buddha serta kemajuan masyarakat Jawa. Candi Borobudur didirikan sekitar tahun 800 Masehi dan termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Selain menjadi tempat wisata, Candi Borobudur juga merupakan tempat ziarah keagamaan, terutama untuk memperingati Hari Raya Waisak.

Lokasi Candi Borobudur
Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Cara Menuju Candi Borobudur
Cara paling nyaman menuju Candi Borobudur dari Yogyakarta adalah menggunakan kendaraan pribadi. Namun, menuju Candi Borobudur menggunakan angkutan umum pun cukup mudah. Setelah tiba di Stasiun Tugu,Anda bisa menggunakan bus Trans Jogja jalur 2B ke Terminal Jombor. Setelah itu, naik bus ukuran sedang jurusan Giwangan-Borobudur dan turun di gerbang Candi Borobudur.

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti yang terletak di Kabupaten Gunungkidul populer lewat bentangan pasir putihnya serta air laut yang jernih dan dikelilingi perbukitan batuan karang yang megah. Terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Pantai Indrayanti berada tidak jauh dari Pantai Sundak dan Pantai Siung, serta dilengkapi deretan restoran, kafe maupun penginapan di sekitarnya. Pantai Indrayanti sebenarnya memiliki nama Pantai Pulang Syawal, namun masyarakat lebih mengenal pantai ini dengan nama Indrayanti karena adanya papan nama tersebut di salah satu restoran yang ada di tepi pantai. Adanya peran aktif pihak swasta dalam mengelola Pantai Indrayanti menjadikan pantai ini sangat terjaga kebersihannya.

Lokasi Pantai Indrayanti
Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul

Cara Menuju Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti berjarak sekitar 70 km dari pusat Yogyakarta. Meskipun cukup jauh dari pusat kota, namun Anda bisa menjangkau Pantai Indrayanti cukup mudah dari Stasiun Yogyakarta. Setelah turun di Stasiun Yogyakarta, cari angkutan umum ke arah Terminal Giwangan dan naiklah bus menuju Wonosari. Setelah tiba di Wonosari, naik angkutan umum ke arah Tepus sebelum meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik ojek.

Gua Pindul 
Gua Pindul merupakan obyek wisata di Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Banyak wisatawan tertarik mengunjungi Gua Pindul dengan melakukan aktivitas cave tubing. Cave tubing sendiri berarti menyusuri gua menggunakan ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah yang ada di dalam gua. Pertama kali diresmikan sebagai obyek wisata pada 2010, Gua Pindul memiliki panjang 350 meter dan lebar 5 meter. Untuk menelusuri Gua Pindul dibutuhkan waktu sekitar satu jam sebelum berakhir di sebuah dam.

Lokasi Gua Pindul
Desa Bejiharjo,Karangmojo, Gunungkidul

Cara Menuju Gua Pindul
Gua Pindul terletak di kawasan Wonosari, Gunungkidul. Sehingga, untuk mencapai Gua Pindul dari Stasiun Yogyakarta, Anda harus menuju Terminal Giwangan terlebih dulu dan naik bus jurusan Wonosari. Sebaiknya, naiklah bus sebelum pukul 3 sore karena di atas waktu tersebut rute bus biasanya berbeda. Turun di perempatan Grogol dan teruskan perjalanan dengan naik ojek ke Gua Pindul.

About Us: 
tiketserbamurah.com adalah online travel agent terkemuka di Indonesia dengan berbagai kemudahan dalam pemesanan maupun pembayaran. Kami menyediakan ribuan pilihan hotel lokal maupun internasional, tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan serta tiket kereta dengan harga termurah di Indonesia. Bersama tiketserbamurah.com, perjalanan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Find Us on Facebook

Blog Archives

Visitors