partnership with agoda

Wednesday, May 18, 2016

Ini Dia Pesawat Terbesar di Dunia

Pesawat yang satu ini sangat berbeda dengan pesawat lain. Bila Anda menganggap pesawat Airbus tipe A380 sebagai pesawat terbesar, maka pesawat yang satu ini masih lebih besar.

Pesawat A380 adalah pesawat penumpang berbadan lebar dua tingkat dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang, panjang 73 meter, dan rentang sayap 80 meter.

Pesawat yang lebih besar dari A380 adalah pesawat Antonov An-225 Mriya. Dalam bahasa Ukraina Mriya berarti mimpi. Dilansir News.com, au, Senin (16/5/2016), pesawat terbesar itu mendarat di Perth Australia pada pukul 11.30 waktu setempat. Kedatangan pesawat terbesar di dunia ini menarik perhatian banyak orang.

Tak heran banyak orang yang ingin menyaksikan Antonov An-225 Mriya mendarat di Perth setelah melakukan perjalanan panjang dari Eropa Tengah.  Pesawat ini dikontrak Worsley Alumina untuk mengangkut 117 ton generator listrik dari Praha.

Sedikitnya, 15 ribu orang  menyaksikan pendaratan Antonov  di Perth. Mereka yang melihat pesawat terbesar di duni itu berasal dari Perth, dan dari luar Perth. Kedatangan Antonov An-225 Mriya ke Perth mengalami keterlambatan selama dua jam dari Kuala Lumpur.

Lalu lintas di sekitar bandara di Perth pun menjadi macet, karena banyak orang yang ingin menyaksikan Antonov An-225 Mriya. Tempat parkir pun penuh.

Ini adalah pertama kalinya Antonov datang ke Australia, meskipun telah terbang sejak Desember 1988.

Dengan berat lepas landas maksimum 640-ton, Antonov adalah satu-satunya pesawat yang mampu mengangkut daya generator yang dibutuhkan oleh Worsley Bunbury.

Juru bicara Worsley Alumina mengatakan, mereka memutuskan menyewa pesawat Antonov untuk membawa generator, karena jika menggunakan kapal memakan waktu lebih lama. Namun, juru bicara itu menolak berapa biaya yang harus mereka keluarkan untuk menyewa pesawat terbesar di dunia ini.

Executive General Manager External Affairs Bandara Perth, Fiona Lander, menuturkan, minat orang untuk menyaksikan pesawat tersebut di luar perkiraan.

"Ukuran An-225 itu mendebarkan, suaranya lebih gemuruh dari enam mesin," kata Lander.

"Pesawat An-225 belum pernah ke Australia, dan ini membuat warga Perth ingin menyaksikannya.”

Pesawat An-225 memiliki panjang 84 meter, rentang sayap 88 meter, serta memiliki enam mesin. Sampai saat ini dipercaya belum ada replika pesawat itu, meski diyakini ada A-225 saat ini dibuat di Rusia.

An-225 Mriya memiliki 21 kru, termasuk 7 kru cockpit, seorang manager penerbangan, enam teknisi dan tenaga pendukung. Pesawat ini berada selama 48 jam di Perth sebelum terbang ke Jerman.

Seorang pengamat pesawat/penerbangan dari Brisbane, Beau Chenery, terbang ke Perth dan menyewa helikopter untuk dapat memotret An-225. Dia menganggap, kedatangan An-225 ke Perth sebagai pengalaman sekali seumur hidup.

" Saya akan mempertimbangkannya enjadi salah satu monumen penerbangan di samping Concorde, Airbus A380 dan Boeing 747," kata Chenery.

"Ini sangat unik karena ukuran dan fakta memiliki enam mesin."

Pesawat 600 ton lepas landas dari Kiev Bandara di Ukraina pada Selasa pekan lalu, pertama terbang  ke Praha untuk mengambil muatannya - generator listrik 120-ton.

Kemudian, mengisi bahan bakar di Turkmenistan, Hyderabad, dan penerbangan berlanjut ke Kuala Lumpur  hingga ke Perth.

An-225 dibuatpada era 1980-an oleh Antonov Design Bureau Uni Soviet. Pesawat ini dibuat hanya satu, dengan panjang 84 meter, dan lebar sayap 88 meter. Memiliki enam mesin turbo, dan 32 roda.

Sementara, pesawat A380 memiliki empat mesin, 22 roda dan lebar sayap 80 meter.*bisnis
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Find Us on Facebook

Blog Archives

Visitors